Kamu Lagi Bad Mood? Coba Atasi dengan 10 Cara Ini

Perubahan emosi yang tidak menyenangkan atau sering disebut bad mood memang bisa dialami siapa saja dan kapan saja. Mungkin kemarin kamu merasa biasa-biasa saja, tapi hari ini perasaan jadi tak karuan, gelisah, sedih, dan murung
Sebuah studi dari University of Warwick menyimpulkan bahwa perasaan gembira atau sedih ternyata memiliki kecenderungan untuk menyebar ke seluruh lingkungan sosial.
So, jangan dibiarkan berkepanjangan ladies, karena bad mood bisa menyebarkan aura negatif kepada lingkungan sekitar. Yang penting bagaimana kamu bisa mengelola emosi saat bad mood.
Berikut ini 10 cara cepat mengatasi bad mood.
1. Mendengarkan musik
Musik sudah tidak bisa dipisahkan lagi dari kehidupan sehari-hari saat ini. Jenis musik yang berbeda juga bisa menimbulkan efek berbeda bagi pendengarnya. So ladies, saat kamu sedang bad mood coba lah mendengarkan musik dengan beat yang cepat juga lirik yang mengandung pesan positif. Agar sugesti positif juga akan memperbaiki mood kamu.
2. Makan cokelat
Sebatang cokelat mengandung kandungan enzim polifenol yang   diyakini sebagai anti stres. Karena itu dengan mengkonsumsi sebatang cokelat kamu akan merasa lebih bahagia, bahkan seperti saat jatuh cinta.
So, jangan takut gemuk makan cokelat ladies, selama masih dalam porsi wajar masih aman kok.
3. Tersenyum
Tak bisa dipungkiri seulas senyum di bibirmu bisa menambah aura cantik di wajahmu. Bahkan penelitian di University of Kansas yang dipimpin oleh seorang Psikolog bernama Tara L. Kraft menguji beberapa mahasiswa untuk mengerjakan soal yang membuat stres. Ia lalu membandingkan mahasiswa yang tersenyum saat mengerjakan dan yang tidak.
Ternyata mereka yang tersenyum cenderung menurunkan tingkat stres daripada yang memasang ekspresi datar. Dari percobaan tersebut kamu bisa tahu, bad mood sebenarnya bisa diatasi hanya dengan tersenyum saja.
4. Makan
Sebagian orang melampiaskan kegundahannya dengan menyantap makanan favoritnya. Hal ini tidak ada salahnya, asalkan masih dalam porsi yang wajar. Bahkan, menyantap makanan kesukaan bisa menimbulkan rasa puas dan bahagia loh!
5. Tidur
Tidur merupakan aktivitas mengistirahatkan sejenak tubuh dan pikiran kita. So ladies, kalau kamu  sedang bad mood, cobalah mencuri waktu 30 menit sampai satu jam untuk tidur.  Kamu bisa melupakan sejenak masalah yang mengganggu pikiran. Saat terbangun tubuh pun akan merasa lebih rileks.
6. Minum teh
Meneguk secangkir teh, terutama teh hijau memberi efek rileks dan menenangkan. So, kalau lagi bad mood tak ada salahnya minum teh.
Kalau tak ada teh hijau, kamu bisa mencoba teh hitam atau jenis teh lain. Efek semuanya sama, bisa membuat kamu lebih tenang dan rileks. Bad mood juga bisa hilang seketika.
7. Tertawa
Saat sedang bad mood, jangankan tertawa, mungkin tersenyum saja sulit. Tapi, kamu jangan terus larut. Cobalah tertawa, carilah  buku, foto, atau video yang lucu yang bisa membuat kamu tertawa. Saat tertawa tubuh kamu akan melepaskan hormon dopamin yang bisa membuat kamu lebih bahagia dan melupakan kesedihan.
8. Berbagi kebaikan
Tahukah ladies, bad mood juga bisa diatasi dengan berbagi kebaikan kepada sesama. Saat kamu merasa sangat sedih dan kacau, cobalah pergi ke beberapa tempat, lakukanlah kebaikan kecil yang bermanfaat.
Misalnya membantu orang tua menyeberang jalan, memberikan makanan untuk anak-anak jalanan, atau memberikan duduk di bus kepada ibu hamil. Tanpa disadari, kebaikan yang terkesan sederhana ini bisa membuat kamu merasa nyaman dan bahagia loh!
9. Meditasi
Saat bad mood melanda, cobalah menepi dan lakukan meditasi sejenak. Meditasi adalah latihan memfokuskan pikiran untuk membantu seseorang agar memiliki kesadaran penuh dan merasa tenang. Praktik ini umumnya dijalankan dengan duduk tenang dengan mengatur pernapasan perlahan-lahan dan teratur selama setidaknya 15-20 menit.
Meditasi dianjurkan karena dapat dilakukan oleh siapa pun, di mana pun, dan kapan pun. Aktivitas ini tidak memerlukan peralatan atau biaya khusus. Jika dijalani secara teratur, praktik yang telah ada sejak ribuan tahun lalu ini diyakini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan fisik dan ketenangan jiwa.
10. Bersyukur
Mood yang buruk bisa terjadi karena ada sesuatu yang berjalan tidak sesuai harapan. Saat itu mungkin kamu merasa semuanya tidak adil dan membuat kamu terpuruk. Padahal dengan bersyukur dan berdamai dengan keadaan, dengan segala kekurangan dan kelebihan yang kamu miliki, akan jauh lebih melegakan dan membahagiakan.
Nah  bagaimana ladies? Cara apa yang akan kamu lakukan untuk mengatasi bad mood? Ingat ladies, yang penting adalah kita bisa  mengendalikan diri dan mengendalikan emosi. Apapun yang terjadi dalam kehidupan kamu, cobalah untuk berpikir positif ya.






Cr: www.astaga.com
(PS: lagi ngerasain bad mood dari kemarin dan ga ilang-ilang sampe sekarang, jadi aku coba memutuskan untuk mencari cara untuk menghilangkannya di google, ya lumayan lah, sekalian diterapin sekalian d share deh,, heheh)

Comments

Post a Comment

Popular Posts